Minggu, 03 Oktober 2010

Pengertian Manajemen Umum

PENGERTIAN MANAJEMEN UMUM

PENGERTIAN MANAJEMEN

Istilah manajemen  dalam bahasa ondonesi sampai saat ini belum menemukan arti yang secara valid.Namun bila kita mempelajari literatur manajemen maka  akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung 3 arti yaitu :
1. Manajemen sebagai suatu proses,
2. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
3. Manajemen sebagai suatu seni dan sebagai ilmu pengetahuan

menurut pengertian yang pertama yaitu manajemen sebagai suatu proses , mempunyai beragam arti yang di berikan oleh para ahli . Di sini saya kemukakan dua definisi yaitu :
1. Dalam encyclopedia of the social science di katakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana pelaksanaan suatu  tujuan tetentu di selenggarakan dan diawasi .
2. Kemudian Hilman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu dengan kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama .

Kemudian menurut pengertian yang kedua yaitu manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen , jadi dengan kata lain yaitu orang yang melakukan kegiatan manajemen di dalam suatu badan tertentu di namakan manajemen .

Menurut pengertian yang ketiga yaitu manajemen sebagai seni dan ilmu pengetahuan . Mengenai ini pun belum menemukan keseragaman ada yang mengatakan manjamen sebagai seni namun ada pula yang mengatakan manajemen sebagai ilmu . Sesungguhnya kedua pendapat itu pun ada kebenarannya .

Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah suatu seni untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain . Definisi dari Mary ini mengadung perhatian bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi denagan cara mengatur orang lain untuk melaksanakan apa saja yang perlu dalam pekerjaan itu , bukan dengan cara melakukan pekerjaan tersebut sendiri .

Menurut G.R Terry manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang lain ke arah tujuan organisasional atau maksud - maksud yang nyata . Manajemen juga merupakan suatu ilmu pengetahuan dan seni . Seni adalah ilmu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang di inginkan atau dalam kata lain seni adalah kecakapan yang di peroleh dari pelajaran , pengamatan dan pengalama n serta kecakapan menggunakan pengetahuan manajemen.

Itulah manajemen tetapi menurut Stoner bukan hanya itu saja . Masih banyak lagi definisi sehingga tidak ada satu definisi pun yang dapat di terima secara universal . Menurut James A.F Stoner manajemen adalah suatu proses perencanaan , pengorganisasian , kepemimpinan , dan pengendalian upaya organisasi dan menggunnakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan .

Dari definisi di atas menunjukan bahwa manajemen adalah suatu keadaan yang terdiri dariproses yang di tunjukan oleh garis ( line ) mengarah pada proses perencanaan , pengorganisasian , kepemimpinan dan pengendalian dimana keempat prose tersebut saling mempunyai fungsi masing - masing untuk mencapai tujuan organisasi .

SUMBER :  http://id.wikipedia.org/wiki/manajemen umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar