Senin, 29 November 2010

MARKETING MIX

I. PENDAHULUAN

PENGERTIAN STRATEGI

Pengertian Strategi adalah ilmu dan seni menggunakan kemampuan bersama sumber daya dan lingkungan secara efektif yang terbaik. Terdapat empat unsure penting dalam pengertian strategi, yaitu kemampuan, sumber daya, lingkungan, dan tujuan. Emapt unsur tersebut, sedemikian rupa disatukan secara rasional dan indah sehingga muncul beberapa alternative pilihan yang kemudian dievaluasi dan diambil yang terbaik.
Dalam bidang manajemen, definisi mengenai strategi cukup beragam dan bervariasi dari beberapa ahli dan pengarangnya.. Gerry Johnson dan Kevan Scholes (dalam buku ”Exploring Corporate Strategy”) misalnya mendefinisikan strategi sebagai arah dan cakupan jangka panjang organisasi untuk mendapatkan keunggulan melalui konfigurasi sumber daya alam dan lingkungan yang berubah untuk mencapai kebutuhan pasar dan memenuhi harapan pihak yang berkepentingan.

Henry Mintzbeg mendefiniskan strategi sebagai 5P, yaitu strategi sebagai PERSPECTIF, strategi sebagai POSISI, strategi sebagai PERENCANAAN, strategi sebagai POLA kegiatan, dan strategi sebagai PENIPUAN (Ploy) yaitu muslihat rahasia. Sebagai Presektif, dimana strategi dalam membentuk misi, misi menggambarkan perspektif kepada semua aktivitas.

Dari berbagai pengertian dan definsi mengenai strategi, secara umum dapat didefinisikan bahwa strategi itu adalah rencana tentang serangkaian manuver, yang mencakup seluruh elemen yang kasat mata maupun yang tak kasat mata, untuk menjamin keberhasilan mencapai tujuan.

PENGERTIAN PEMASARAN

Ada beberapa definisi mengenai pemasaran dari beberapa ahli diantaranya adalah :

a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dagang orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi, dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

kesimpulan tentang definisi Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhaan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.

Dengan adanya pemasaran konsumen tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai
Dalam pemasaran ada yang disebut marketing mix / bauran pemasaran. Ada 4 macam, yaitu :

1. Produk : Barang Industr.
Barang konsumsi : Conulnien Goods { kebutuhan sehari-hari }
Special { barang spesial }
Shopping { pembandingan harga }
Unsought { ready stock }

2. Price : Penetapan Harga

3. Place : saluran distribusi yang di pakai : Distribusi Intensif { banyak penyalur }
Distribusi Extensif { beberapa penyalur }
Distribusi Ekslusif { 1 penyalur }

4. Promotion : Pemberian informasi kepada konsumen agar, tertarik dan ingin membeli

Promotion Mix ada 4, yaitu :

1. Publisitas yaitu memberikan gambaran tentang manfaat dan kelebihan produk
2. Personal Selling yaitu promosi dari rumah ke rumah
3. Periklanan yaitu pemberian informasi mengenai diskon / sale
4. Promosi Penjualan yaitu pemberian potongan penjualan

PENGERTIAN STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utamayang menyebabkan terjadinya perubahan dalam pemasaran, yaitu :

1 Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, dan tahap kemunduran.
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaranharus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan ke depan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

1. Macam-Macam Strategi Pemasaran

Macam-macam strategi pemasaran diantaranya :
1.Strategi kebutuhan primer
Strategi-strategi pemasaran untung merancang kebutuan primer, yaitu :
a. Menambah jumlah pemakai dan
b. Meningkatkan jumlah pembeli

B.Strategi kebutuhan selektif
Yaitu dengan cara :

a. Mempertahankan pelanggan misalnya :

1.Memelihara kepuasan pelanggan,
2.Menyederhanakan proses pembelian,
3.Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk.

b.Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)

1.Mengambil posisi berhadapan (head- to heas positioning
2.Mengambil posisi berbeda (differentiated positioning)

Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalan empat jenis, yaitu :
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jmlah pemakai.
2.Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4.Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.

C. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berada dengan memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli dipasar produk, menganalisa perbedaan antara pembeli dipasar.

D .Dasar-dasar dalam penetapan segmentasi pasar

Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya, yaitu :
Dasar-dasar segmentasi pasar pada konsumen

a.Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
b.Variable demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan dll
c.Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

Dasar-dasar segmentasi pada pasar industry

a.Tahap 1 : menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemaki akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
b.Tahap 2 : yaitu sikap terhadap penjual, cirri-ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

E.Syarat segmentasi pasar

Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu :
a.Dapat diukur
b.Dapat dicapai
c.Cukup besar atau cukup menguntungkan
d.Dapat dibedakan
e.Dapat dilaksanakan

F.Tingkat segmentasi pasar

Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.

a.Pemasaran massal
Pemasarn massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hamper sama keseluruhan konsumen.
b.Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli berada dalam kebutuhan, presepsi, dan perilaku pembelian.
c.masaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefinisikan dengan lebih sempit.
d. Pemasaran mikro
Praktek penyesuain produk dan program pemasaran agar cocok dengan cita rasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

G. Manfaat segmentasi pasar

Sedangkan manfaat dari segmentasi pasar adalah :

a. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
b.Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
c.Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya.
d. Menentukan pasar sasaran
Langkah-langkah dalam menentukan pasar sasaran, yaitu :
1.Langka pertama :
Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada
2.Langkah kedua :
Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.


II. PEMBAHASAN

Untuk tugas pengantar bisnis yang ke 5 ini saya akan membahas tentang promotional mix pada toko beras di Pasar Modern Kedoya. pemilik toko ini bernama Enjen dan memiliki 5orang karyawan. Untuk beras yang di jual olehnya ia mendatangkan dari pasar induk dengan berbagai macam jenis beras. Ia menjual dengan sistem perliter dan karung. Untuk perliter rata-rata harga beras adalah dari Rp 4500-6500 dan untuk harga per karung mulai dari Rp 300.000-500.000 . Untuk menunjang pemasarannya ia juga memiliki karyawan yang bertugas untuk melayani pembeli dan mengantar beras ke rumah konsumennya. Untuk pengantaran ini Ia tidak mengenakan biaya tambahan pada konsumen hanya saja karyawannya sering mendapatkan tip untuk mengantar beras ke tempat/rumah pembeli tersebut. Ia juga selalu menjamin bahwa beras yang di jual olehnya terjamin mutunya dan tidak akan mengecewakan pembeli. Jadi tempat beliau selalu ramai di kunjungi oleh pembeli yang datang.

III. KESIMPULAN

Dengan di jalankanya marketing mix maka toko tersebut dapat menjalankan operasional toko dengan baik. Pemilik pun selalu menjaga hubungan dengan pembelinya sehinggga banyak pembeli yang menjadi pelanggan tetapnya dsn bahkan ia juga banyak mendapat pelanggan baru dari pembicaraan pelanggan tetapnya. Pemilik pun tidak menetapkan harga yang terlalu tinggi sehingga dapat menjangkau semua kalangan untuk datang membeli di tokonya. Sehingga toko yang ia miliki sekarang maju cukup pesat.

SUMBER : 1. Pemilik Toko : Bpk.Enjen
2. www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar